Dinsos Bentuk 140 KUBE

Dinsos Bentuk 140 KUBE

CURUP, Bengkulu Ekspres - Dalam upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Rejang Lebong, pada tahun 2019 nanti, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong melalui Dinas Sosial akan membentuk 140 Kelompok Usaha Bersama atau KUBE. \"Pada tahun 2019 mendatang, kita akan membentuk 140 KUBE di Kabupaten Rejang Lebong,\" sampai Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Zulfan Efendi SEE MM Kamis (27/12) kemarin.

Dijelaskan Zulfan, pembentukan KUBE ini sendiri, merupakan program dari Pemerintah Pusat untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Rejang Lebong. Sehingga menurutnya segala pembiayaan nantinya akan berasal dari Pemerintah Pusat.

Menurut Zulfan, mulai tahun 2019 mendatang, pemerintah pusat akan merubah pola bantuan untuk pengentasan kemiskinan, yaitu dengan memberikan bantuan melalui program KUBE atau program non tunai. Dimana menurutnya dengan bantuan melalui KUBE ini nanti merupakan program pemberdayaan ekonomi dengan harapan mereka bisa berkembang dan bisa keluar dari garis kemiskinan, dimana menurut bantuan nanti akan diberikan dalam bentuk modal usaha. Kecuali untuk bantuan bagi masyarakat jompo dan disabilitas yang menurut Zulfan masih akan diberikan bantuan dalam bentuk tunai.

\"Jadi kedepannya bantuan yang diberikan pemerintah sifatnya seperti pancing bukan umpan,\" tambah Zulfan.

Sebanyak 140 KUBE yang akan didirikan di Kabupaten Rejang Lebong tersebut adalah KUBE pedesaan, sehingga nanti masyarakat yang akan menerima bantuan tersebut adalah masyarakat yang tinggal di desa-desa. Mereka yang akan masuk dalam KUBE ini sendiri adalah masyarakat yang sudah termasuk dalam basis data terpadu (BDT). Hingga saat ini menurut Zulfan yang sudah mereka siapkan yaitu sebanyak 40 KUBE dengan jumlah pendamping sebanyak empat orang. Kemudian nantinya akan menyusul 100 KUBE lagi dengan jumlah pendamping sebanyak 10 orang.

\"Dalam menjalankan KUBE ini, mereka akan mengangkat produk-produk unggulan Rejang Lebong sebagai usaha mereka,\" jelas Zulfan.

Terkait dengan mekanisme penyaluran modal sendiri, menurut Zulfan, nantinya akan disalurkan melalui rekening kelompok, sedangkan untuk besarannya hingga kemarin Zulfan mengaku belum mengetahui karena masih menunggu petunjuk dari Pemerintah Pusat.

Di sisi lain, Zulfan juga mengaku saat ini pihaknya tengah mengupayakan agar Kabupaten Rejang Lebong juga mendapat KUBE perkotaan yaitu KUBE khusus untuk masyarakat yang tinggal dikelurahan. Sehingga menurutnya nanti masyarakat yang mendapat bantuan untuk mengentaskan kemiskinan tersebut bukan hanya masyarakat di pedesaan saja namun juga masyarakat perkotaan.(261)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: